Langsung ke konten utama

Hindari Panic Buying, Ini 7 Tips Atur Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19

Magic News - Pandemi COVID-19 telah menyerang hampir seluruh negara di dunia. Dengan semakin meluasnya pandemi ini, tak heran jika berbagai sektor ekonomi terkena imbasnya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengatur pengelolaan Keuangan untuk dapat terus bertahan sekaligus melawan penyebaran COVID-19.
Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan berbagai tips ampuh untuk mengatur Keuangan di tengah wabah COVID-19.
1. Utamakan promo kebutuhan pokok!
Salah satu upaya berbagai perusahaan untuk mendukung konsumennya tetap berada di rumah agar penyebaran pandemi COVID-19 tidak semakin meluas adalah dengan memberikan potongan harga. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau, mulai dari makanan hingga alat kebersihan atau kesehatan. Pastikan kamu menahan untuk belanja berbagai kebutuhan sekunder atau tersier lain karena hal tersebut akan mengganggu keuanganmu.
2. Terus menabung!
Meski pendapatan sedikit terganggu, pastikan untuk terus menabung. Membiasakan menabung meski dalam keadaan terdesak akan membuatmu tetap tenang ketika masa darurat menimpa. Bahkan, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari meski nantinya pemasukan untuk sementara terhenti.
3. Ubah alokasi kebutuhan
Analisa kembali anggaran yang telah kamu buat. Pastikan kamu melakukan penyesuaian karena kebutuhan ketika masa darurat seperti saat ini membutuhkan anggaran yang lebih besar di beberapa plot yang lain. Contohnya, anggaran hiburan bisa kamu alokasikan ke kebutuhan pokok atau ke dana darurat. Kamu juga bisa memindahkan anggaran transportasi, karena sedang bekerja dari rumah, ke kebutuhan lainnya.
4. Hindari panic buying
Panic buying hanya akan menyebabkan berbagai barang kebutuhan pokok menjadi langka. Ketika langka, maka harganya pun akan naik. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan berbelanja secukupnya seperti biasanya agar kebutuhan tetap terjaga. Selain itu, punic buying hanya akan membuat pengeluaran semakin besar sehingga memengaruhi Keuangan di masa depan.
5. Cari peluang berbisnis dari rumah
Mencari peluang berbisnis dari rumah adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga alur Keuangan tetap stabil di tengah krisis seperti sekarang ini. Pilihannya pun begitu luas mulai dari menjual kembali barang-barang lamamu, menjual berbagai menu makanan, menjadi dropshipper, atau bekerja freelance.
6. Tingkatkan Investasi
Nilai Investasi menurun bukanlah hal yang patut dikhawatirkan karena tren menurun akan selalu terjadi. Beberapa orang ada juga yang panik dan akhirnya menjual investasinya. Padahal, nilai Investasi akan selalu kembali pulih. Selain itu, momen krisis seperti ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan Investasi karena banyak nilai yang sedang turun.
7. Tetap waspada terhadap berbagai bentuk scam atau penipuan
Ada beberapa orang yang dengan sengaja memanfaatkan kepanikan masyarakat ketika pandemi COVID-19 ini untuk kepentingannya sendiri. Salah satunya berbentuk penipuan atau scam. Modus yang paling sering dilakukan adalah dengan menjual masker dengan harga yang jauh lebih mahal dengan klaim kualitas jauh lebih baik atau iming-iming obat yang bisa menyembuhkan penderita COVID-19. Tetap waspada dan perbanyak informasi untuk menghindari berbagai hal seperti ini.

Pastikan dana darurat dan tabungan tetap aman ya!

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paul Ince : Solskjaer Hilangkan Kualitas MU

MagicNews -  Mantan pesepakbola asal Inggris,  Paul Ince , turut buka suara soal hasil negatif yang belakangan diraih oleh  Manchester United . Ince menyebut sang pelatih,  Ole Gunnar Solskjaer , sebagai penyebab buruknya performa MU sejak awal musim 2019-2020. Ince menilai Solskjaer telah menghilangkan aspek penting yang selama menjadi faktor pendukung kesuksesan MU. Hal tersebut yang membuat MU dikalahkan oleh Newcastle United 0-1 di Stadion St. James Park, Newcastle, Inggris, akhir pekan lalu. "Apa yang kita lihat Minggu kemarin adalah  Manchester United  yang tidak memiliki kepercayaan diri. Sangat mengkhawatirkan, mereka sama sekali tidak memiliki tujuan," ucap Solskjaer sebagaimana dikutip dari  Mirror . OGS as caretaker vs. OGS as manager for United 🙃 pic.twitter.com/FzvsOARnaA — B/R Football (@brfootball) October 7, 2019 "Tidak ada kepemimpinan, kualitas, dan karakter di tim dan juga di klub. Dia membuat semua hal yang seharusnya ada di