Langsung ke konten utama

5 Tips Mengajarkan Anak Belajar Online di Tengah Pandemi Corona

Magic news - Menyebarnya virus corona atau COVID-19 ini membuat beberapa sekolah memutuskan untuk mengganti kegiatan belajar mengajar tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh atau via Online. Belajar Online ini merupakan alternatif yang paling efektif untuk membuat kegiatan sekolah dan materi tetap dapat disampaikan kepada para murid.
Peran Orang Tua membimbing Anak dalam kegiatan belajar Online di rumah ini sangatlah penting supaya sang Anak dapat belajar secara maksimal seperti halnya kegiatan sekolah seperti biasanya. Lalu, bagaimana agar Anak dapat menyesuaikan diri dengan metode belajar ini?
1. Berilah pengertian mengenai situasi yang ada
Meski Anak-Anak sudah tahu alasan diberlakukannya pembelajaran Online, orang tua juga harus memberikannya pengertian dan pemahaman terkait situasi yang ada karena pandemi corona ini. Terlebih imbauan untuk menjaga jarak (social distancing) yang harus dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus corona.
2. Siapkan ruang khusus untuk belajar
Seperti halnya di sekolah, Anak juga harus memiliki situasi kondusif saat Belajar Di Rumah. Oleh karenanya, perlu ada penyesuaian situasi rumah demi kelancaran Anak saat mengikuti belajar Online. Dengan menyiapkan ruangan khusus untuk belajar, sang Anak akan lebih fokus untuk belajar dan tidak terganggu dengan kegiatan rumah yang lain.
3. Siapkan jadwal harian layaknya sedang sekolah
Beberapa Anak mungkin tidak bisa membedakan waktu untuk bermain di rumah dan waktu untuk belajar. Oleh karenanya akan lebih baik jika menyiapkan jadwal harian untuk waktu belajar selayaknya di sekolah. Berikan pengertian bahwa belajar Online di rumah bukan berarti libur sekolah. Disiplin dengan jadwal akan membuat pembelajaran lebih efektif.
4. Menjaga komunikasi dengan teman-temannya
Meski berada di rumah dan tak bisa bermain secara langsung dengan teman-temannya, orang tua bisa memberikan waktu bagi Anak untuk tetap berkomunikasi dengan temannya. Komunikasi ini dapat dilakukan dengan video call atau komunikasi Online lainnya.
5. Menjaga komunikasi orang tua dengan Anak
Berada di rumah dalam waktu yang cukup lama memang akan terasa membosankan bagi Anak-Anak. Orang tua harus menanyakan kenyamanan Anak selama di rumah untuk membuatnya terhindar dari stres. Tanyakan bagaimana perasaannya dan hal-hal apa saja yang bisa membuatnya betah di rumah.

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paul Ince : Solskjaer Hilangkan Kualitas MU

MagicNews -  Mantan pesepakbola asal Inggris,  Paul Ince , turut buka suara soal hasil negatif yang belakangan diraih oleh  Manchester United . Ince menyebut sang pelatih,  Ole Gunnar Solskjaer , sebagai penyebab buruknya performa MU sejak awal musim 2019-2020. Ince menilai Solskjaer telah menghilangkan aspek penting yang selama menjadi faktor pendukung kesuksesan MU. Hal tersebut yang membuat MU dikalahkan oleh Newcastle United 0-1 di Stadion St. James Park, Newcastle, Inggris, akhir pekan lalu. "Apa yang kita lihat Minggu kemarin adalah  Manchester United  yang tidak memiliki kepercayaan diri. Sangat mengkhawatirkan, mereka sama sekali tidak memiliki tujuan," ucap Solskjaer sebagaimana dikutip dari  Mirror . OGS as caretaker vs. OGS as manager for United 🙃 pic.twitter.com/FzvsOARnaA — B/R Football (@brfootball) October 7, 2019 "Tidak ada kepemimpinan, kualitas, dan karakter di tim dan juga di klub. Dia membuat semua hal yang seharusnya ada di